Rabu, 23 Mei 2018

Langkah Menanam Nanas Yang Baik dan Benar

Related image

nanas madu pemalang - Langkah menanam nanas yang baik dan benar bisa Kamu kerjakan sesuai sama bebrapa step dan dasar penanaman yang sudah disarankan untuk peroleh hasil yang maksimum. Seperti yang di ketahui, buah nanas atau yang mempunyai nama latin Ananas comosus adalah satu diantara type buah-buahan tropis yang mempunyai daging buah berwarna kuning dengan cita rasa manis keasaman. Buah yang datang dari daratan Brasilia ini mempunyai ciri unik yaitu mempunyai daun yang panjang dan runcing dan kulit buah yang bersisik. Di Indonesia, buah nanas awal mulanya di kenal jadi tanaman pekarangan, namun bersamaan mengembangnya pengetahuan orang-orang saat ini tanaman nanas sudah dibudidayakan dan digunakan jadi bahan olahan bermacam makanan seperti keripik, selai, bahan pembuatan rujak, kombinasi koktail atau es buah sampai dikonsumsi segera.

Terkecuali kreasi olahan memiliki bahan basic nanas semakin bermacam, buah nanas ini mempunyai bermacam manfaat. Buah nanas mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi, diluar itu juga ada kandungan enzim bromelain yang berperan untuk melunakkan daging dan memudahkan sistem pencernaan dan penyerapan makanan pada badan. Diluar itu buah nanas juga diakui ampuh dalam menyembuhkan beragam jenis penyakit seperti flu, wasir, mual, masalah saluran kencing, penyakit kulit sampai anemia. Bermacam faedah dan nilai ekonomis yang cukup bagus berikut yang buat budidaya buah nanas begitu untungkan.

Langkah Budidaya Buah Nanas
Nanas adalah satu diantara tanaman yang bisa tumbuh di iklim kering ataupun basah dengan curah hujan tinggi ataupun rendah meskipun yang buat budidaya nanas tidak alami masalah bermakna baik itu berkaitan problem lahan ataupun cuaca. Nanas bisa tumbuh subur pada suhu pada 23-32°C dengan sinar matahari yang sekitar 33-71%. Meski begitu, budidaya nanas juga tidak bisa dikerjakan di sembarang tempat, karena lahan penanaman mesti mempunyai Ph pada 4, 5-5, 5 tidak bisa kurang maupun lebih karena akan mengganggu perkembangan tanaman. Diluar itu lahan yang terbagus untuk budidaya nanas juga relatif pada type tanah yang gembur, tanah lempung berpasir dan memiliki kandungan banyak unsur hara. Diluar itu sepanjang masa penanaman, system drainase juga jadi satu diantara aspek penentu kesuksesan budidaya nanas. Bagaimana caranya komplit menanam buah nanas ini?

Langkah menanam buah nanas tidak susah, jika Kamu mengetahui karakteris tanaman dan dasar budidaya nanas, dan tersebut langkah menanam buah nanas yang baik dan benar :

Pembibitan
Pembibitan jadi satu diantara aspek terpenting yang memengaruhi kesuksesan budidaya nanas. Pembibitan mesti di ambil dari tanaman yang sehat dan bebas dari beragam jenis hama dan penyakit yang salah satunya mempunyai ciri daun yang tebal dan penuh dan mempunyai warna yang fresh. Sistem pembibitan ini bisa dikerjakan dengan dua langkah yaitu dengan generatif dan vegetatif. Namun untuk percepat sistem pembuahan, bembibitan dengan vegetatif semakin lebih cepat dan untungkan yang salah satunya dengan memakai tunas batang atau lewat cara teks batang.

Pembibitan dengan tunas batang
Untuk sistem pembibitan buah nanas dengan vegetatif dengan tunas batang hal pertama yang perlu Kamu kerjakan yaitu dengan pilih tanaman induk yang tengah berbuah atau telah dipanen, tentukan tunas batang yang memiliki ukuran 30-35 cm. Sesudah temukan tunas yang bagus, potong sisi daun yang dekat dengan pangkal pohon untuk kurangi penguapan dan mempermudah perpindahan bibit. Setelah itu kerjakan penyemaian dengan memakai polybag dan letakkan ditempat yang teduh. Dan sesudah bibit tanaman mulai berkembang Kamu bisa mengubahkannya pada lahan yang sudah disiapkan.

Pembibitan dengan stek batang
Untuk stek batang, Kamu bisa memotong batang nanas yang telah dipanen selama 2, 5 cm. Kemudian setelah itu belah potongan batang jadi 4 sisi sama panjang, dan yakinkan setiap sisi mempunyai mata tunas. Sebelumnya ditanam semai bibit stek terlebih dulu dengan media yang diisi kombinasi pasir dan pupuk kandang. Tanam potongan stek batang dalam media semai sampai berusia 3-5 bln. atau sesudah memiliki ukuran 25-35 cm dan sepanjang sistem penyemaian ini kerjakan penyiraman dengan teratur.

Penyiapan Lahan
Penyiapan lahan bisa dikerjakan pada awal musim hujan berbarengan dengan sistem penyemaian. Hal semacam ini mempunyai tujuan supaya sistem penyemaian dan pembibitan bisa usai berbarengan. Sistem penyiapan lahan ini dikerjakan lewat cara menggemburkan, membalikkan tempat tanah, dan buat aliran udara pada tanah lewat cara dicangkul maupun dibajak. Penyiapan lahan tanam ini dikerjakan dengan mempersiapkan dua hal di bawah ini :

Bedengan
Pembentukan bedengan ini diambil untuk mempermudah system drainasi. Bedengan ini di buat berbarengan sistem pemrosesan lahan, dan di buat dengan ukuran lebar sekitaran 80-120 cm, tinggi 30-40 cm dan jarak antar setiap bedengan sekitar 90-150 cm.

Pengapuran
Prasyarat tumbuh tanaman nanas yaitu mempunyai pH tanah pada 4, 5-5, 5. Dan untuk menyeimbangkan kandungan pH tanah langkah yang bisa dikerjakan yaitu dengan lakukan pengapuran. Sistem pengapuran ini dikerjakan dengan memakai bahan Calcit, Zeagro, Dolomit dan bahan kapur pertanian yang lain dengan dosis yang sesuai dengan pH tanah.

Penanaman

Sesudah lahan tanam dan bibit sudah siap, setelah itu masuk ke step penanaman. Step penanaman ini akan baik jika dikerjakan pada awal musim hujan dengan langkah seperti berikut :

  • Buat lubang tanam dengan ukuran 30x30x30 cm sesuai sama jarak tanam pada 40×60 cm atau 60×80 cm. 
  • Penanaman bibit dikerjakan hingga 3-5 cm sisi pangkal batang bisa tertimbun tanah. 
  • Mengubahkan dan menanam bibit nanas pada lubang tanam semasing satu bibit untuk setiap lubang tanam. 
  • Padatkan kembali tanah di sekitaran pangkal bibit, supaya tanaman tidak gampang rubuh dan supaya tanaman mempunyai kontak segera dengan air tanah. 
  • Kerjakan penyiraman sampai tanah lembab dan basah. 

Pemeliharaan
Pemeliharaan tanaman nanas ini mencakup banyak hal, yang diantaranya yaitu : 

Penyiraman
Walau tanaman nanas begitu tahan ada cuaca panas, namun untuk memaksimalkan hasil pembuahan sistem penyiraman akan begitu diperlukan. Penyiraman bisa dikerjakan 2 x satu hari yaitu pada saat pagi dan sore hari sepanjang dua minggu sekali untuk merangsang pembungaan dan pembuahan.

Penyulaman
Penyulaman atau pergantian tanaman yang mati dengan tanaman baru ini dikerjakan jika diketemukan tanaman baru yg tidak tumbuh atau diserang hama dan penyakit. Penyulaman bisa dikerjakan paling lambat sebulan sesudah masa tanam.

Penyiangan
Penyiangan ini dikerjakan untuk menghadapi gulma yang bisa menyebabkan munculnya serangan hama dan penyakit. Penyiangan ini bisa dikerjakan dengan teratur sesuaikan tingkat perkembangan gulma di sekitaran tanaman.

Penggemburan
Penggemburan dan pembumbunan tanah dikerjakan dengan maksud untuk melakukan perbaikan dan melindungi susunan tanah dan melindungi supaya tanaman tetaplah kuat dan tidak keluar dari permukaan tanah. Sistem ini bisa dikerjakan lewat cara menggemburkan tanah di sekitaran bedengan dan menimbunkannya pada pangkal batang nanas sampai membuat bendengan.

Pemupukan
Pemupukan pada budidaya nanas bisa dikerjakan 2 x yaitu ketika umur tanam menjangkau 2-3 bln. dan dilanjutkan dengan tempo 3-4 bln. sekali sampai tanaman berbunga dan berbuah. Pupuk yang dipakai yaitu pupuk yang mempunyai kandungan nitrogen, kalium, fosfor dan unsur hara mikro karenanya Kamu bisa memakai pupuk Urea 100 kg, SP-36 150 kg dan pupuk KCI 100 kg untuk setiap hektar lahan tanam. Sesudah digabungkan, setelah itu pemberian pupuk bisa dikerjakan dengan membenamkan pupuk kedalam parit atau mungkin dengan menyemprotkan pupuk cair pada daun tanaman.

Pengendalian hama dan penyakit
Mengingat begitu kompleksnya problem hama dan penyakit pada tanaman nanas, mesti dibarengi dengan pengetahuan yang cukup tentang langkah pengendalian hama dan penyakit yang baik dan aman. Untuk mengatur beragam type hama dan penyakit ini Kamu bisa menyemprotkan insektisida pada tanaman, dan lakukan perendaman pangkal bibit pada larutan perananda sebelumnya lakukan penanaman untuk menghindar pembusukan akar.

Pemanenan
Budidaya buah nanas yang dikerjakan lewat cara vegetatif semakin lebih cepat dibanding lewat cara budidaya dengan generatif. Tanaman yang datang dari bibit tunas batang telah bisa dipanen pada usia 18 mulai sejak masa tanam, sedang untuk tanaman yang diperkembang dengan bibit tunas akar bisa mulai dipanen pada usia 12 bln. mulai sejak masa tanam. Hal semacam ini berlainan dengan sistem penanaman buah nanas yang dikerjakan lewat cara generatif yang baru bisa ditanam pada usia 2 th. mulai sejak masa tanam.

Sistem pemanenan ini mesti dikerjakan lewat cara yang benar yaitu dengan memotong tangkai buah dengan pisau yang tajam dan steril, diluar itu untuk melindungi keadaan buah supaya tidak rusak maka sistem pemanenan harus juga dikerjakan dengan hati-hati. Periode pemanenan dikerjakan sejumlah 3x, yaitu 25% pada periode pertama, 50% pada periode ke-2 dan 25% pada periode ke-3.

Sekianlah langkah yang bisa Kamu kerjakan untuk menanam buah nanas dengan baik dan benar. Hasil budidaya buah nanas akan maksimal jika ditangani dan dirawat dengan baik, mudah-mudahan info yang sudah kami berikan bisa berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *