Kamis, 07 September 2017

Inilah Cara Mengetahui Masa Kadaluarsa Kosmetik

Image result for Panduan Cara Mengetahui Produk Kecantikan yang Kadaluarsa

cara mengetahui masa kadaluarsa makeup - Paket kosmetik yang masih tetap tersegel wajarnya dapat bertahan satu tahun lebih dalam suhu kamar. Tetapi, demikian Kamu membukanya kemasannya, paparan udara (panas dan lembab) juga akan mengoksidasi dan mendegradasi kandungan formula kosmetik. Cara dan frekwensi pemakaian kosmetik pun ikut memengaruhi perkembangbiakan bakteri pada kosmetik. Menurut Ni’Kita Wilson, pakar kimia kosmetik dari Cosmetech Laboratories di Fairfield, New Jersey, tempat paling baik untuk melindungi ‘usia’ kosmetik yaitu di meja rias yang bersuhu sejuk dan tidak tersorot cahaya matahari segera. Jauhi menaruh kosmetik di kamar mandi karena suhunya lembab.

· Maskara 
Ketahanan : 3 bulan bila dipakai teratur sehari-hari dan 6 bulan bila hanya digunakan kadang-kadang. Makin sering mascara dipakai, makin banyak bakteri yang melekat, dan mascara makin cepat kadaluarsa. Hal tersebut dikarenakan oleh cairan pekat mascara yang terkena udara. Bila telah menggumpal, bakteri lebih mudah berkembang biak.

· Eyeliner (Pencil) 
Ketahanan : 3 tahun. Pensil eyeliner cukup awet dibanding eyeliner liquid karena tidak memiliki kandungan air, memiliki bentuk padat, dan tertutup rapat didalam batang pensilnya. Bakteri biasanya hanya terdapat di ujung pensil yang terbuka. Hindari perkembangbiakan bakteri dengan meraut pensil dengan teratur.

· Eyeliner (Liquid) 
Ketahanan : 3 bulan . Liquid eyeliners tidak bisa bertahan lama karena memiliki kandungan air dan biasanya berwarna gelap. Dua hal itu adalah favorite perkembangan bakteri.

· Cream wajah 
Ketahanan : 6-12 bulan. Walau tahan sampai 12 bulan, baiknya cream muka dipakai tidak lebih dari 6 bulan. Memiliki bentuk yang kental dan memiliki kandungan air membuatnya mudah ditumbuhi bakteri. Diluar itu, umumya cream muka memiliki kandungan anti-oksidan seperti vitamin A, C, dan E yang peka pada paparan cahaya. Itu penyebabnya cream muka sering dikemas dalam paket kecil.

Baca: tips membuat ombre lips

· Foundation (water-based) 
Ketahanan : 12-16 bulan. Sama dengan kosmetik beda yang memiliki bahan basic air, water based foundation (WBF) relatif lebih mudah dihinggapi bakteri. Bila WBF jadi kering sebelumnya waktu kadaluarsa biasanya, janganlah pakai air untuk mencairkannya karena mungkin saja ada bakteri di air. Baiknya pakai beberapa tetes alcohol-free toner yang dibeli di konter kosmetik resmi.

· Foundaton (oil-based) 
Ketahanan : 18-24 bulan. Lebih awet dari water-based foundation karena minyak menolong menjaga ketahanan jadi lebih lama. Tetapi, perhatikan apabila foundation telah terpisah jadi dua bagian (minyak terlihat terpisah dari cairan foundation) dan warnanya telah tidak jernih, berarti foundation telah tidak layak gunakan.

· Concealer 
Ketahanan : nyaris 1 tahun. Karena hanya tutup bagian-bagian tertentu saja, concelear jadi awet. Tetapi, apabila telah mendekati masa 1 th., baiknya tidak dipakai sekali lagi.

· Eye shadow (powder) 
Ketahanan : 3-5 tahun. Karena tidak memiliki kandungan air dan kering, powder eye shadow (terlebih yang berkwalitas baik) dapat bertahan lama. Tetapi, pastikan kuas dan sponge ditukar dengan teratur satu bulan sekali atau dicuci satu minggu sekali agar bakteri tidak berkembang biak.

· Lipstick 
Ketahanan : 2-4 tahun. Apabila telah kadaluarsa, lipstick juga akan relatif menggumpal dan aromanya kurang enak. Pastikan memilih lipstick berkwalitas baik dan janganlah beli lipstick tidak bermerek terang. Pewarnanya mungkin saja beresiko.

· Tabir surya 
Ketahanan : maksimum 3 th., tetapi rata-rata 1 th.. Umur dapat lebih singkat bila tabir surya telah terkena suhu panas. Apabila Kamu jarang melakukan aktivitas diluar, belilah tabir surya dalam paket kecil. Janganlah lupa, tutup rapat botol agar lotion atau krim tabir surya tidak mudah mongering.

Baca juga: perawatan kecantikan wanita jaman dulu

· Lip liner 
Ketahanan : 3 - 4 tahun. Sama seperti dengan pensil alis atau pencil eye liner yg tidak memiliki kandungan air, ketahanan lip liner lebih kama karena bentunya kering dan tersimpan dalam batang pensil. Raut bagian ujung pensil untuk menghindar perkembangbiakan bakteri.

· Lip gloss 
Ketahanan : maksimum 2 tahun. Ketahanan paling maksimum hanya berlaku untuk lip gloss yang memakai aplikator. Lip gloss yang pemakaiannya segera gunakan jari memiliki ketahanan lebih singkat karena relatif mudah terkena bakteri dari jari.

· Kuteks 
Ketahanan : 1 tahun. Bila cairan kuteks telah lengket, mengental, dan berserabut, selekasnya singkirkan. Biasanya kuteks peka pada suhu ekstrim dan kelembapan. Jauhi menyimpannya dalam kamar mandi.

· Parfum 
Ketahanan : 2 tahun. Berlainan dengan kosmetik beda, masa kadaluarsa minyak wangi dan eau de toilettes tidak menyebabkan iritasi di kulit. Tetapi, aromanya akan tidak kuat, lebih sirna. Agar lebih awet, hindari dari cahaya matahari segera dan suhu lembab.

· Bedak tabur 
Ketahanan : 2 tahun. Tidak memiliki kandungan air, hingga lebih awet dan tidak mudah dtumbuhi bakteri. Tetapi, bersihkan atau ganti aplikator dengan berkala.

· Bedak padat 
Ketahanan : 6 bulan. Memiliki kandungan air, hingga usianya lebih pendek dan lebih mudah ditumbuhi bakteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *